Mengenal INTERNET

Apa ISP itu?

ISP adalah Penyelenggara Jasa Internet (bahasa Inggris: Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet.
Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

untuk memiliki koneksi internet anda harus berlangganan terhadap ISP ini. Di Indonesia ISP terbesar adalah telkom. untuk koneksi instan tanpa melakukan registrasi, anda dapat menggunakan telkomnet instant, namun untuk koneksi yang tetap anda dapat berlangganan telkom speedy.

Apa Email itu?

Email adalah surat elektronik atau pos elektronik atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.

Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:

Pertama, Dengan cara menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! MailGmail untuk yang berbahasa Indonesia bisa menggunakan Plasa (klik di sini untuk mendaftar). Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.

Kedua, Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

Bagaimana cara untuk memiliki email :

Untuk memiliki email, Anda harus mendaftar ke penyelenggara layanan email, layanan email ini ada yang bersifat gratis dan berbayar. untuk kepentingan personal biasanya kita cukup menggunakan email gratis, bahkan hampir semua pengguna internet menggunakan jasa jenis ini, kecuali jika perusahaan Anda membutuhkan layanan email dengan fasilitas lebih yang tidak terdapat pada layanan email gratis yang ada.

Apa Browser itu?

Browser dalam bahasa indonesia diartikan sebagai Penjelajah web (bahasa Inggris: web browser).
Secara istilah adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer,Mozilla Firefox, dan Opera.
Masing-masing browser memiliki keunggulan masing-masing, namun sepertinya saat ini yang paling populer adalah internet explorer karena merupakan web browser standar yang ada di sistem operasi windows yang notabene paling banyak penggunanya saat ini. Beda jika anda pengguna linux maka web browser standar sangat tergantung pada desktop yang dipakai. Linux dengan desktop KDE secara standar akan menggunakan Konqueror dan Linux dengan desktop Gnome akan menggunakan Mozilla sebagai web browser standarnya.
Secara pribadi, saya menggunakan sistem operasi Windows dan Mozilla firefox sebagai web browser, karena banyak plugin yang bisa ditambahkan, sehingga serasa browser bisa menjadi browser yang sangat familiar dan sesuai untuk kebutuhan diri sendiri.
Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Inilah mengapa pada saat kita mengetikkan alamat internet pada browser menggunakan kata www (meskipun biasanya tanpa ini juga bisa).

Apa Internet itu?

internet adalah singkatan dari interconnected-network maksudnya ialah rangkaian komputer yang saling terhubung satu sama lain.
Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Dengan TCP/IP ini maka data yang ditransfer bisa sampai sesuai tujuan dan tidak ada data yang hilang dalam proses pertukaran data yang terjadi.
Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet

Posted on 2 Februari 2012, in UMUM. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: