Tips Meng-Upgrade RAM di Komputer

RAM merupakan memori primer yang ada di setiap komputer. Kecepatannya bisa mencapai 300 kali lebih cepat dari harddisk, berfungsi untuk menampung instruksi-instruksi dari prosesor maupun program yang sedang berjalan.

RAM berbentuk 1 keping PCB dengan banyak IC dikedua sisi. Tersedia dalam kapasitas 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB sampai 4GB satu kepingnya. Saat ini RAM yang beredar di pasaran umumnya telah berkapasitas 1GB keatas. RAM untuk laptop dinamakan SODIMM, untuk PC desktop dinamakan DIMM.

Berikut ini saya share tips bagi anda yang ingin meng-upgrade RAM di komputer anda, baik itu PC desktop maupun laptop:
1. Gunakan RAM dengan kecepatan yang sama
Tingkat kecepatan suatu RAM dinyatakan dalam PC, misalnya PC 8500, PC 10600. Jadi gunakan RAM dengan nilai PC yang sama dengan RAM lama. Misalnya RAM lama kecepatannya PC 5300, maka RAM baru juga PC 5300.
RAM komputer yang lebih cepat selalu menyesuaikan kecepatannya dengan RAM yang lebih lambat.

2. Manfaatkan fitur dual channel
Motherboard biasanya memiliki 4 slot untuk RAM. Dengan memiliki 2 keping RAM, anda bisa menggunakan fitur dual channel yang memberikan laju transfer data lebih cepat dibandingkan 2 keping RAM pada single channel. Caranya dengan memasang RAM pada 2 slot yang sama warnanya. Slot 1 dan slot 3, atau slot 2 dan slot 4. Hal ini juga berlaku pada laptop yang memiliki 4 slot.
Untuk mengaktifkan fitur ini, kedua RAM harus memiliki kecepatan yang identik satu sama lain.

3. Perhatikan juga timing RAM-nya, usahakan identik
Selain PC, kecepatan RAM juga dinyatakan dalam cl (clock) timing. Kalau yang ini saya baru tahu beberapa hari yang lalu😀
Di kemasan RAM ada tulisan kombinasi 4 angka, bisa juga dengan koma, misalnya 7 5.5 7 12. Itu merupakan clock speed RAM. Untuk mengetahui clock speed RAM yang sedang anda pakai, bisa menggunakan freeware CPU-z

Itu saja tips untuk meng-upgrade RAM, jadi bukan hanya sembarang membeli lalu pasang, ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul:
– RAM dengan spesifikasi sama tapi beda merk?
Lebih baik kalau sama merk, namun jika tidak memungkinkan gunakan RAM dengan kecepatan yang sama, beda merk tidak masalah. Cuma terkadang tidak bisa mendukung dual channel.
– RAM lama saya PC 5300, RAM baru PC 10600. Kecepatan manakah yang akan dioperasikan?
Kecepatan pada kedua RAM akan disamakan, yaitu PC 5300. RAM yang lebih cepat akan menyesuaikan kecepatannya dengan RAM yang lebih lambat.

Posted on 4 Februari 2012, in Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: